RSS

MARTAJESAH



Hai shobat….., sudah pada tau’ martajesah khan atau yang biasa kalian sebut dengan tejesah,  sudah tau’  khan, masjid yang sudah ada sejak dulu ini sudah mulai terkenal ke seluruh luar jawa, bahkan tak jarang dari peziarah- peziarah yang datang bila di tanyakan , mereka berasal dari luwar jawa, yang kebetulan ke bangkalan mau ziarah ke makam buju’ Syaikhona Kholil.

      Masjid yang terletak di melajah Bangkalan Madura ini, mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat Bangkalan maupun di luar Jawa, yang selalu di padati oleh Para Peziarah ke makam Syaikhona Kholil, dari berbagai kota. Kemegahan dan kemewehan masjid ini membuat para pengunjung  silih berdatangan, apalagi pada tiap malam jum’at  yang tak pernah sepi untuk berdo’a  mengharap barokah beliau.

     Pada hari kamis biasanya mulai dari sore hari jalan – jalan mulai di padati oleh beberapa orang yang ingin melaksanakan sholat magrib berjema’ah atau bahkan ada juga dari mereka yang pengend bermalam di tempat tersebut. Dengan di tambah masjidnya sekarang tambah nan indah setelah di renovasi, dan juga luas sehinnga sejuk tempatnya dan membuat orang yang ada di tempat menjadi betah.

   Ditempat tersebut, juga di padati oleh para pedagang, sehingga para peziarah bisa membawa  oleh-oleh khas Madura. Beraneka macam, mulai dari makanan, pakaian, dll.  Seperti sate yang dikenal  dengan sate khas Madura. Jadi selain kita mendapatkan barokah nya Syaikhona Kholil, kita bisa membawa pulang tanpa tangan kosong, untuk keluarga di rumah. Apalagi kalau yang namanya hari puasa, makanan mulai dari jam 4 sudah tersedia beraneka macam makanan, mulai dari berkuah, yang tidak, gorengan, dan lain sebagainya.

Sejarah Syaikhona Kholil mungkin bagi masyakat, pasti sudah megenal sosok beliau. Yang telah di buku kan oleh santri  Syaikhona Kholil, yang terletak di ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan. Dengan buku ini dapat menjadi cermin keteladanan bagi siapa saja yang ingin mengambil pelajaran dari kehidupan Syaichona Kholil. Kiranya kehadiran buku ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya bagi ribuan orang peziarah dari berbagai pelosok Indonesia yang mengunjungi makamnya. Buku ini bisa menjadi oleh-oleh untuk bisa mengenal lebih jauh jati diri Syaichona Kholil selain dari apa yang mereka ketahui.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar