RSS

DIKLAT PMR




Di sekolah MAN BANGKALAN tempat saya sekolah terdapat berbagai extrakulikuler, diantaranya extra Dramband, PMR, Paskibraka, Pramuka, Teater, Tartil, Band, Mc, dan sebagainya. Dari extra-extra tersebut, hanya satu yang saya ikuti yaitu extra PMR. Sebelum resmi menjadi anggota PMR, kami semua harus mengikuti diklat terlebih dahulu. Diklat tersebut diadakan pada hari sabtu-minggu pada Tanggal 27-28 September 2014 di sekolah MAN Bangkalan. Sehari sebelum diklat di mulai, sepulang sekolah kami semua di kumpulkan dalam satu kelas untuk membahas tentang peralatan-peralatan yang harus kami bawa saat diklat diantaranya : ID Card, alat solat, alat mandi alat tulis, korek api, Lilin, G3, Tikar,Mitela, kado dll. Dan juga membagi menjadi beberapa kelompok, yaitu kelompok putih, merah, hitam, kuning, hijau, dll. Saat itu saya mendapat kelompok merah yang terdiri 5 orang anggota.

Ketika hari H nya, saya kira yang mengikuti diklat PMR mendapat dispensasi atau pulang cepat, namun ternyata tidak, pulang sperti biasanya jam 01:05. padahal diklat PMR tersebut akan dimulai jam 02:00, sehingga saat itu saya terburu-buru karena belum membereskan persiapan apa saja yang akan dibawa. Sesampai di rumah, saya langsung mandi, sholat, dan langsung beres-beres. Setelah semuanya selesai saya pun berangkat ke sekolah dan di antar oleh kakakku, namun sebelum berangkat, saya masih mengecek ulang tasku karena takut ada yang saya belum masukkan ke dalam tas.
Setibanya disana ternyata upacara pembukaan akan dimulai. Saya segera lari ke kelas untuk menaro tas dan berkumpul dilapangan untuk mengikuti upacara. Setelah upacara selesai, semua anak-anak berkumpul di kelas untuk mendapatkan materi dari kakak tentang PP (Pertolongan Pertama). Saat materi sudah selesai kami semua kembali ke kelas atau ruang tempat kita timur. Setelah terdengar adzan maghrib anak-anak semua pergi ke musholla untuk sholat berjamaah. Ketika itu saya sedang datang bulan (haid), jadi saya tidak ikut sholat berjemah dan setelah semuanya selesai sholat, anak-anak yang datang bulan termasuk saya dipaggil untuk mendengarkan kultum di musholla sampai waktu isya. Kemudia anak-anak kembali sholat isya berjamaah, sesudah itu panitia memberi kami makan. Sesudah makan panitia menyuruh kami untuk berkumpul di kelas untuk mendapatkan materi yang kedua yaitu tentang “Anatomi dan Faal Dasar”. Disana kami banyak mendapatkan ilmu.


Setelah selesai pembagiaan materi kami semua di suruh berkumpul dilapangan. Disana kami disuruh oleh panitia untuk membuat barisan melingkar, kemudian panitia menyuruh tiap-tiap kelompok untuk membacakan yel-yelnya yang telah kami buat. Setelah yel-yel semua kelompok dibacakan, di lanjutkan dengan pensi, yang mengisi pensi tersebut adalah kakak-kakak panitia dan juga kakak alumni MAN Bangkalan yang kebetulan dulu ia pernah mengikuti PMR juga.


Setelah selesai pensinya, masih ada permainan yaitu permainan “KATA SIMON”, ketua PMR menyuruh semua kelompok untuk mengikuti permainan terseut dan siapa yang tidak mengikuti peraturan maka dia harus dihukum. Tapi untung saya tidak pernah melakukan kesalahannya, jadi saya tidak kena hukuman. Dan yang terkena hukuman tersebut yaitu hukumannya di suruh bernyanyi di depan semua anak-anak, dan ada juga yang di suruh merayu atau menggombali kakak-kakak panitia.

          Setelah selesai, kami kembali kekelas untuk istirahat, pada saat jam 12:00, kami semua di bangunin dan berkumpul di Lapangan untuk mengikuti Penjelajahan malam. Sebelum berangkat berjelajah malam, kakak panitia memberikan beberapa pertanyaan dan siapa yang bisa jawab duluan, maka kelompok tersebut bisa berangkat duluan. Saat itu yang bisa jawab duluan adalah kelompok kuning, jadi mereka bisa berangkat duluan. Setelah pertanyaan kedua, salah satu dari kelompok kami bisa menjawabnya, dan kami bisa menyusul kelompok kuning. Namun sebelum beramgkat, tiap-tiap kelompok di kasih sebuah lilin dengan syarat lilin itu tidak boleh mati ataupun habis sampai kembali lagi ke sekolah dan juga sebuah batu. Saat melewati Pos bayangan kami hanya dikasih arahan saja. Kemudian kami ke pos 1, disana kami mendapatkan materi tentang 7 Prinsip dll. Kami di suruh menyebutkan 7 prinsip itu. Akhirnya kami lolos dari Pos 1. Selanjutnya pos 2, disana kami harus menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh kakak panitia penjaga Pos 2.  Ketika sampai disana, kakak penjaga pos tersebut menyuruh dan memaksa untuk mematikan lilin yang kami bawa, namun kami tetap mempertahankan lilin tersebut karena itu sebuah amanat dari kakak panitia. Kami dapat melewati pos 2 dengan syarat kami harus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di berikan kakak panitia dan kakak paniti membuat perjanjian, jika kami tidak bisa jawab maka permen atau jajan sebagai taruhannya, tapi alhamdullah kami bisa menjawabnya dan kami lolos serta atribut yang kami bawa tidak diambil satu pun, jika itu di ambil maka kami akan semua akan mendapatkan hukuman.

 Selanjutnya kami melanjutkan ke pos berikutnya, yaitu pos 3. Namun sebelum ke pos 3 masih ada pos banyangan, sama dengan tadi yaitu cuma ngasih pengarahan saja, saat ada di pos banyangan tersebut lilin yang kami bawa mati, kami pun takut kena hukum karena lilinnya mati, dan sebagainya bukti kami tetap membawa sisa lilin tersebut sampai kembali ke sekolah lagi, sebagaimana pesan dari kakak panitia. Setelah itu kami melanjutkan ke pos 3 disanalah kami banyak deberikan pertanyaan oleh panitia. Tapi Alhamdulillah kami bisa menjawab semuanya. Saat pertanyaan selesai, dan kami melanjutka ke pos terakhir yaitu pos 4, sebelum kami melanjutkan ke pos berikutnya, kakak panitia memberikan sebuah kode yaitu sebuah nomor-nomor yang nantinya akan kami butuhkan, dan kakak panitia menyuruh kita untuk menutup mata kita dengan Mitela yang kita bawa. Kami harus ke sekolah dengan mata tertutup tapi ada satu orang dari kelompok kami dibelakang memberi arahan kemana jalannnya. Pas nyampek di depan gerbang sekolah MAN, panitia menyuruh kita untuk berhenti, dan tutup semua mata kalian dibelakang juga. Setelah itu kami melanjutkan perjalannya kami, sesampai di pos 4 tutup mata kami pun suruh di buka. Di pos 4 kami di berikan Motivasi oleh kakak-kakak pantia. Ketika itu kelompok kami yang nyampeg duluan dan menyelesaikan penjelajahan kami.

Saat kelompok lain sudah kembali semua, panitia menyuruh kita untuk mencari lambang-lambang dengan nomor yang kakak panitia kasih saat di pos 3, kita harus menemukan lambang sesuai nomer sampai ketemu. Sebagian dari kita sudah menemukan lambang sesuai nomernya, namun 6 dari kita tidak menemukan lambang terrsebut, sehingga ke-6 orang tersebut mendapatkan hukumana dan juga saat itu kakak-kakak panitia marah kepada orang ke 6 ini, karena lambang mereka tidak ditemukan, tapi semua itu hanya akting.

Pada jam 07:00, setelah olahraga dan makan pagi, kami semua harus mengikuti outbound, jam 09:30 outbond pun sudah selesai, dan kami semua beres-beres untuk pulang, namun sebelum pulang kami masih uaparaca penutupan, setelah selesai kami semua foto bersama dengan semua panitia serta pembinanya dan sebagainya. Setelah semuanya selesai kami semua pun pulang ke rumah kami masing-masing.

 
selesai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar