RSS

Pulau Karang


            Pulau karang atau yang biasa disebut dengan pulau ajaib, pulau karang sepanjang 50 meter di tengah laut, tiba-tiba muncul di pesisir yang berada di Desa Labuhan, Kecamatan Sepuluh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Fenomena kemunculan gundukan karang setinggi tiga meter ini, diyakini masyarakat sekitar sebagai tanda akan terjadinya bencana. Menurut warga sekitar, sebelum cuaca ekstrem melanda Laut Jawa, pulau baru di tengah laut yang terdiri dari puluhan batu karang dengan ukuran besar dan ribuan lebih karang berukuran kecil itu, tidak pernah ada.

      Karang-karang dengan ukuran dan bentuk yang tidak lazim (tidak seprti yang biasa dilihat warga di pinggir pantai) itu, muncul awal Januari lalu.
Awalnya, penduduk sekitar mengira cuma kumpulan pasir di tengah laut yang terdorong oleh ombak besar. Namun lama-kelaman tambah membesar, membentuk seperti kapal raksasa yang terdampar. Karena penasaran, penduduk akhirnya mendekat dan ternyata ada banyak karang dan bentuknya aneh-aneh, ada yang seperti tengkorak manusia, ada yang berbentuk lempengan, dan karang yang kecil-kecil seperti tulang-belulang.

      Fenomena alam ini, dikhawatirkan sebagai pertanda akan terjadinya petaka di kawasan sekitar. Meski demikian, misteri kemunculan pulau karang yang secara tiba-tiba ini, belum bisa dibuktikan secara pasti kalau nantinya akan terjadinya bencana. Hanya saja kekhawatiran dan berbagau opini tetap muncul di desa setempat diantaranya ada yang menganggap kalau Desa Labuhan akan segera tenggelam disapu air laut.

      Kendati memunculnya kekhawatiran dan spekulasi bermuansa mistis, warga sekitar memanfaatkan keanehan pulau karang tersebut sebagai objek wisata baru. Untuk masuk ke pulau ini, traveler harus membayar tiket masuk seharga Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor. Selain itu, untuk parkir mobil juga akan dikenakan biaya Rp 5.000 dan tiket kapal menuju Pulau Ajaib dihargai Rp 5.000 per orang untuk pulang pergi.

      Pulau Ajaib dikelilingi panorama pantai yang indah dan airnya bersih. Pulau ini benar-benar menjadi destinasi wisata baru di Bangkalan, Madura. Tak hanya warga di Pulau Madura yang berbondong-bondong untuk pergi kesana dan ingin  menyaksikan sendiri pulau karang itu, warga dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik pun tak mau ketinggalan ingi menyaksikan fenomena alam tersebut.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar