RSS

Jembatan Karang di Pulau Kangean




Pulau Kangean merupakan salah satu kepulauan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Jarak dari Sumenep ke Kangean 100 km. Pulau Kangenan saat ini menjadi perbincangan banyak orang  terutama orang Jawa Timur khusunya Madura. Hal yang diperbincangan adalah munculnya jembatan panjang di pinggir laut dalam waktu setengah malam. Jembatan ajaib tersebut memiliki panjang sekitar 1,5 kilo meter dan lebarnya sekitar 7 meter, melintang ke arah barat dan timur. Anehnya lagi, jembatan itu tertata rapi seperti buatan manusia dan bahannya terdiri dari batu gunung.

Berdasarkan kesaksian seorang warga desa Buddi, kecamatan Arjasa, Pulau Kangean Sumenep, kejadian ini berawal pada malam Jum’at pertengahan Januari lalu. Menjelang tengah malam, seorang warga melihat sebuah cahaya ditengah laut. Cahaya yang Nampak bak percikan api yang cukup terang dan mengeluarkan asap. Bersamaan dengan kejadian itu, terdengar pula suara aneh. Suara seperti orang yang tengah melakukan pekerjaan. Suara itu sangat jelas dan cukup nyaring, jadi banyak warga yang mendengar suara gaib tersebut. Hal ini sangat misteri mengingat cuaca saat itu sangat ekstrim dan ombak cukup tinggi. Jadi tidak mungkin seseorang tengah melakukan pekerjaan ditengah laut dengan cuaca yang berbahaya.

Keesokan harinya fenomena alam itu membuat warga geger. Tiba-tiba muncul Sebuah gundukan batu yang sangat panjang menyerupai sebuah jembatan atau dermaga muncul ditengah laut. Karena masih belum yakin, dia bersama-sama warga sekitar melihatnya untuk meyakinkan. Setelah itu mereka semua baru yakin jika jembatan di tengah laut tersebut benar-benar ada, asalnya mareka sudah melihat dengan jelas adanya jembatan yang tidak pernah dibuat oleh warga setempat.

Hingga saat ini, warga setempat tidak tahu siapa yang membuat jembatan tersebut. Mereka masih timbul tanda tanya besar dengan kejadian aneh yang sangat mengejutkan itu. Warga setempat menyebut jembatan itu dengan tangkis Siluman.
Bahkan jembatan ajaib tersebut sekarang menjadi tontonan warga setempat dan banyak pula yang datang dari luar pulau seperti Sapeken, mereka berbondong-bondong membawa perahu untuk melihatnya. Namun mereka tidak berani untuk melihat terlalu dekat karena ombaknya cukup besar, dan hanya melihat dari jarak yang agak jauh.

Banyak masyarakat kangean yang menceritakan bahwa daratan di tepi laut yang sekarang ada jembatan ajaibnya memang dikenal sebagai daerah angker dan sering banyak makan korban jiwa. Daratan tepi pantai tersebut juga terkenal dulunya sebagai tempat orang-orang bertapa. Munculnya jembatan ajaib di Arjasa Kangean bersamaan dengan munculnya gundukan batu karang di perairan Desa Pelabuhan, Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan, Madura.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar